Masa tinggal Adam di surga

Bismillahirrahmanirrahiim

Para ulama berbeda pendapat mengenai masa tinggal Adam di surga sebelum dikeluarkan/diturunkan di bumi. Ada yang mengatakan hanya beberapa hari saja. Namun ada yang menyebutkan sebuah hadits marfu' yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abi Hurairah " Adam diciptakan di saat-saat terakhir hari jum'at" lalu kelanjutan hadits tersebut disebutkan pula "Pada hari itu (yakni hari jumat) Adam diciptakan, dan pada hari itu juga ia dikeluarkan dari surga"

Apabila hari diciptakanya Adam adalah hari ia dikeluarkanya dari surga, dan hari yang dimaksud dalam hadits tersebut sama seperti hari yang kita hitung sekarang ini (24 jam), maka Adam hanya tinggal disurga beberapa saat saja. Namun pendapat ini dibantah oleh para ulama, karena tentu Adam tinggal di surga tidak secepat itu. Bisa jadi hari jumat dimana ia diciptakan adalah hari jumat yang berbeda ketika ia di turunkan ke bumi.Atau satu hari di surga berbeda dengan satu hari yang dihitung di dunia sekarang ini, seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abbas " Bahwasanya satu hari di surga sama dengan enam ribu tahun menurut perhitungan manusia di dunia. Maka dengan begitu Adam telah tinggal di surga cukup lama.

Ibnu Jarir mengatakan " Seperti diketahui Adam diciptakan pada saat-saat terakhir hari jumat, dan satu saat di surga sama dengan delapan puluh tiga tahun empat bulan di bumi. Maka dapat disimpulkan bahwa ketika Adam di surga ia menghabiskan empat puluh tahun lamanya dengan rupa tanah yang diberi bentuk sebelum ditiupkan roh,kemudian ia tinggal di surga selama empat puluh tiga tahun empat bulan sebelum ia turun ke bumi." Wallahu A'lam

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya