Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya

Bismillahirrahmanirrahiim

Disebutkan dalam buku Imam Ibnu Katsir bahwa para ulama berbeda-beda dalam meriwayatkan usia nabi Adam, Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah secara Marfu' Bahwa usia Adam yang termaktub dalam Lauhul mahfuz adalam seribu tahun.

Dalam kitab Taurat juga menyebutkan bahwa Adam hidupselama 930 tahun. Jika keterangan dalam taurat ini benar dan terjaga dari tangan-tangan yang merubah kitab suci ini, maka bisa jadi keterangan ini benar adanya dan hampir sama dengan hadits nabi saw. yakni keterangan mereka yang menyebutkannabi Adam hidupselama 930 tahun adalah perhitungan menurut berputarnya matahari (kalender Syamsiyah), yang sekarang dikenal dengan tahun masehi, dan jika di hitung menurut berputanya bulan (kalender qomariyah) yang sekarang dikenal dengan tahun hijriyah maka menjadi 957 tahun dan itu adalah masa yang dihabiskan Adam selama tinggal di bumi setelah turun dari surga,lalu masa itu ditambah dengan masa yang dihabiskan Adam di surga selama 43 tahun.

Muhammad bin Ishaq menuturkan, " Sesaat sebelum Adam wafat,ia banyak berwasiat kepada anaknya, Seth, ia juga mengajarkan saat-saat siang dan malam hari cara beribadah yang harus dilakukan pada amasa-masa itu, ia memberitahukan tentang adanaya banjir besar padamasa yang akan datang.
Masih menurut Muhammad bin Ishaq, bahwa keturunan anak manusia sekarang adalah semuanya berasal dari keturunan Seth, sedangkan dari keturunan anak-anak Adam yang lain telah habis dan punah

Abdullah putra dari Imam Ahmad meriwayatkan, dari Hudbah bin Khalid dan seterusnya, ia berkata, "ketika berada di kota Madinahaku melihat seorang Syaikh berbicara, lalu aku bertanya kepada orang-orang disekitar tentang dirinya, mereka mengatakanitu adalah Ubay bin Kaab. Lalu aku mendengar ia berkata, " Sesungguhnya sesaat sebelum Adam menemui ajalnya ia berkata kepada anak-anaknya, "Wahai anak-ku, sesungguhnya akau ingin sekali makan buah-buahan dari surga"kemudian anak-anaknya pun segera mencariya.Lalu dalamperjalanan mereka bertemu dengan para malaikat yang membawa kain kafan dan wewangian untuk membungkus jasad Adam, para malaikat pun bertanya " Wahai anak-anak Adam, Hendak kemana kalian dan apa yang kalian cari?" mereka menjawab. "Ayah kami sedang sakit dan ia ingin sekali memekan buah-buahan dari surga" lalu para malaikat berkata." Kembalilah kalian karena permintaan ayah kalian akan terpenuhi."Lalu ketika para malaikat datang, Hawa segera mengenali mereka dan beuraha sembungidi belakang tubuh Adam, lalu Adam berkata. " Lepaskanlah diriku, sesungguhnya mereka datang untuk-ku, maka berikanlah waktu sebentar untuk kami bertemu." kemudianpara malaikat itupun mencabut nyawa Adam, setelah itu memandikanya, menghiasinya (dengan wewangian),mengkafaninya,lalu mereka juga menggali kubura dan menyediakan liang lahat untuknya, setelah itu para malaikat menshalatkanya, lalu memasukkan tubunya kedalam kubur dan meletak-kanya disana,lalau mereka berkata pada anak-anak Adam, "Wahai bani Adam, inilah Sunnah kalian (yakni cara-cara menkuburkan mayat)."

Adapun tempat dikuburkanya Adam ada beberapa pendapat, Riwayat yang paling terkenal adalah nabi Adam dikuburkan disebuah gunung pertama kali ia turun dari surga ke bumi yakni di wilayah India, riwayat lain menyebutkan Adam dikubur di gunung Qubais , Makkah.

Riwayat lain menyebut, Ketika pada masa nabi Nuh terjadi banjir besar, Nabi Nuh membawa jasad Adam dan Hawa di dalam sebuah peti, lalu ia menguburkanya di Baitul Maqdis.

Riwayat yang lain menyebutkan bahwa kepala nabi Adam berada di masjid Ibrahim sedangkan kedua kakinya berada di Shakhrah, di Baitul Maqdis 

Red. Tinggi nabi Adam dalam riwayat Imam Ahmad adalah enam puluh Hasta dan lebarnya tujuh hasta)
Hasta adalah ukuran tradisional panjang di India yaitu di ukur dari siku lengan sampai jari tengah pada lengan yang sama atau kira-kira 45 cm
Jadi tinggi nabi Adam menurut ukuran Cm adalah 2700 cm = 27 m

Allahu A'lam Bissawaab

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")