Idris " Sang penulis dengan media Pasir " yang wafat di langit ke empat

Bismillahirrahmanirrahiim

Allah Berfirman " Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Idris di dalam Kitab (Al-Qur'an). Sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai kebenaran dan seorang nabi, dan kami telah mengangkatnya ke tempat (martabat) yang tinggi." Surah Maryam : 56 - 57


Nabi Idris mendapatkan pujian dari Allah dan meletakkan kebenaran dan kenabian pada dirinya, ia yang dipercaya bernama henokh ini termasuk dalam silsilah nasab Rasulullah Muhammad Saw. menurut sejumlah ahli nasab.

Ada ulama yang menyebutkabn bahwa nabi Idris adalah orang yang pertama menulis dengan menggunakan alat tulis.

Beberapa ulama menduga bahwa nabi Idris inilah yang diisyaratkan dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Muawiyah bin Hakam As-Sulami yaitu ketika ia bertanya kepada Rasulullah tentang menulis menggunakan pasir (meramal), beliau manjawab, " Sesungguhnyadahulu ada seorang nabi yang menulis menggunakannya, maka barang siapa yang meyakini metode yang digunakan sama persis dengannya maka silahkan saja," (yakni Rasulullah sebenarnya melarang hal itu, namun ada seorang nabi yang pernah menggunakanya,maka dari itu Rasulullah membolehkanyaapabila meyakini metode yang digunakanya sama. Namun tentu saja tidak ada yang bisa meyakininya karena metode yang digunakan oleh nabi Idris itu telah hilang)

Dalam sebuah Hadits diriwayatkan " Aku pernah mendengarIbnu Abbas bertanya kepada Ka'ab, "Apa maksud dari firman Allah, "Dan kami telah mengangkatnya ke tempat (martabat) yang tinggi "?, ketika itu Nabi Idris di beri wahyu oleh Allah, " SesungguhnyaAku akan mengangkat amalanmu padasetiap hari seperti amalan anak Adam lainya.". Maka Idrispun bermaksud untuk menambah amalanya sebelum berakhir masa hidupnya,Lalu ia datang kepada salah satu malaikat yang ditugaskan untuk menemaninya di dunia dan berkata, " Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku begini begini, begini.maka dari itu berbicaralah kamu kepada malaikat maut untuk mengakhirkan ajalku agar aku dapat menambahkan amalanku." Maka malaikat itu menaikkan Nabi Idris ke atas tubuhnya ( diantara dua sayap )lalu membawanya ke atas langit (untuk dipertemukan dengan malaikat maut), ketika mereka berada di langit keempat,  tak disangka ternyata mereka bertemu dengan malaikat maut di sana, maka malaikat yang membawa Nabi Idris pun menyampaikan kepada malaikat maut tentang permintaan Nabi Idris. lalu malaikat maut bertanya. "Dimanakah Nabi Idris?" malaikat itu menjawab " Dia sekarang di ataspunggungku" malaikat maut berkata "Sungguh luar biasa, aku baru saja diperintahkan oleh Allah untuk mencabut nyawa Nabi Idris di langit ke empat, namun aku bertanya-tanya, mengapa aku diperintahkan untuk mencabut nyawanya di langit ke empat sedangka ia ada di bumi." Maka setelah itu malaikat mautpun mencabut nyawa Nabi Idis di sana, itulah yang dimaksud firmanAllah, "Dan Kami telah mengangkatnya ke tempat (martabat) yang tinggi."

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya