Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Bismillahirrahmanirrahiim

Di kisahkan bahwa Nabi Nuh hidup dan berdakwah bersama kaumnya selama 950 tahun,namun hanya sedikit yang beriman atas ke-Rasulan Nuh. Keadaan kaumnya sebelum ia diutus menurut  Al-Qur'an ,Hadits dan atsar adalah seperti disebutkan sebelumnya tentang riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas bahwa jarak antara Nabi Adam dan Nuh adalah sepuluh kurun, dan mereka semua dalam naungan Islam, Nmaun setelah sepuluh kurun tersebut terjadi sesuatu yang membuat manusia berpaling dari ajaran kebenaran dan menyembah patung.

Penyebab terjadinya penyembahan patung tersebut seperti di riwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Juraih, dari Atha', dari Ibnu Abbas, ketika menafsirkan firman Allah " Dan mereka berkata, " Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) Wadd, dan jangan pula Suwa', Yaguts, Ya'uq dan Nasr".Ia berkata." Nama-nama itu sebenarnya berasal dari nama-nama orang yang sangat beriman pada zamanya serta memiliki pengikut yang banyak, namun setelah mereka meninggal, setan membisikkan kepada kaum mereka untuk membuat patung-patung di majelis tempat mereka beribadah dan dinamai dengan nama-nama mereka untuk mengingatkan kaumnya akan kesalehan orang-orang tersebut. lalu mereka membuatnya, meski ketika itu mereka membuatnya bukan untuk di sembah. namun pada akhirnya para pembuat patung itu pun meninggal, masa mereka berlalu dan ilmu tauhid ber angsur-angsur punah, maka patung-patung tersebut akhirnya dijadikan ssembahan oleh orang-orang yang hidup sesudahnya.

Riwayat yang lain menyebutkan bahwa patung-patung tersebut juga menjadi sesembahan kaum Arab setelah itu.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan Dari Urwah bin Zubair, ia berkata, "Wadd, Suwa', Yaguts, Ya'uq dan Nasr adalah anak-anak Nabi Adam, dan Wadd adalah anak Nabi Adam yang paling tua dan paling berbakti kepada Nabi Adam.

Allahu A'lam

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya