Kisah Nabi Hud Alaihis Salam

Bismillahirrahmanirrahiim

Nama lengkap Nabi Hud adalah, Hud bin Selah bin Arpakhsad bin Sam bin Nuh

Kaum Hud adalah orang-orang Arab yang menempati Ahqaf  (bukit-bukit berpasir) di wilayah Yaman, antara Oman dan Hadramaut. di sebuah pemukiman yang menjorok ke laut bernama Syahr dan nama lembahnya adalah Mughits.

Mereka bertempat tinggal di kemah-kemah dengan tonggak-tonggak yang besar, sebagaimana di firmankan Allah SWT., " Tidakkah engkau (muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap (kaum) Ad? (yaitu) penduduk Iram yang menempati tonggak-tonggak (bangunan-bangunan) yang tinggi." (Surah Al-Fajr : 6-7).

Adapun mengenai ciri-ciri kaum Ad generasi pertama, pada firman Allah dijelaskan, "Penduduk Iram yang menempati Tonggak-tonggak (bangunan-bangunan) yang tinggi, yang belum pernah ada (dibangun suatu kota) seperti itu di negeri-negeri lain" (Surah Al-Fajr, 7-8).

NABI HUD ADALAH KETURUNAN ARAB

Dalam kitab Shahih Ibnu Hibban diriwayatkan, dari Abu Dzar, ketika menceritakan tentang para nabi dan Rasul dalam sebuah hadits yang panjang disebutkan, Diantara mereka ada empat orang nabi yang berasal dari keturunan Arab, yaitu Hud, Saleh, Syuaib dan Nabi mu wahai Abu Dzar."

Diriwayatkan pula bahwa nabi Hud adalah orang pertama yang berbicara menggunakan bahasa Arab, namun ada pula ulama lain yang mengatakan bahwa nabi Adam lah orang pertama yang menggunakan bahasa Arab.

Aribah dan Musta'ribah

Aribah adalah sebutan untuk orang-orang Arab yang hidup sebelum Nabi Ismail
Diantara yang masuk katagori Aribah adalah kaum Ad, Kaum Tsamud, Jurhum, Thasm, Jadis, Amim, Madyan, Imlaq, Abil, Jasim, Qahtan, Abu Yuqtun

Adapun yang disebut Musta'ribah adalah mereka yang terlahir dari Ismail Bin Ibrahim

Allahu a'lam Bissawaab


Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya