Kisah Nabi Ibrahim Alaihis Salaam

Bismillahi Arrahmaan Arrahiim

( KISAH IBRAHIM DALAM TAURAT)

Nama dan Nasab serta Waktu dan tempat Kelahiran-nya

Nama dan Nasabnya hingga kepada Nabi Nuh adalah, Ibrahim bin Terah Bin Nahor bin Serug bin Rehu bin Peleg bin Eber bin Selah bin Arpakhsad bin Sam bin Nuh.

Dalam biografi nabi Ibrahim, Al-hafidh Ibnu Asakir membahas bahwa nama ibunda nabi Ibrahim adalah Amilah. Sedangkan Al-Kalbi mengatakan bahwa nama ibunda Ibrahim adalah Buna binti Karbeta bin Karsi, yang berasal dari bani Arpakhsad bin Sam bin Nuh.

Dalam Turat dikatakan bahwa nabi Ibarhim lahir ketika usia ayahnya TERAH telah mencapai tujuh puluh lima tahun, Nabi Ibrahim juga mempunyai dua saudara yaitu Nahor dan Haran, lalu dari Haran terlahir nabi Luth.

Dikatakan pula bahwa Ibrahim adalah anak tengah, (anak kedua) setelah Haran, dan Haran ini meninggal ketika ayahnya masih hidup di negeri Kaldan atau negeri Babilonia.

Pendapat yang paling shahih dan diunggulkan oleh para sejarawan dan penulis biografi adalah nabi Ibrahim dilahirkan di GHUTA, Damaskus disebuah kota yang disebut BARZAH disebuah gunung yang disebut QASIUN.

MENIKAH DENGAN SARAH

Setelah dewasa (dikatakan dalam taurat) nabi Ibrahim menikah dengan Sarah, sedangkan Nahor menikah dengan kemenakanya, Milka bin Haran.

Dikatakan pula bahwa sarah adalah wanita yang mandul .
Dikatakan pula setelah mengetahui hal itu, Terah (ayah Ibrahim) membawa anaknya Ibrahim beserta istrinya .Sarah, dan juga kemenakanya yaitu Luth bin Haran keluar dari negeri Kaldan menuju negeri Kan'an. Lalu ketika baru sampai di negeri Haran mereka memutuskan untuk menetap sementara di sana dan di negeri itulah Terah meninggal dunia dalam usia 250 tahun.

Ketika itu penduduk Haran adalah penyembah bintang dan berhala

Setelah beberapa lama di Haran mereka melanjutkan perjalanan ke negeri Kan'an yaitu di wilayah Baitul Maqdis (sekarang palestina)

( KISAH IBRAHIM DALAM AL-QUR'AN )

" Dan sungguh sebelum dia (Musa dan Harun) telah kami berikan Ibrahim petunjuk, dan kami telah mengetahui dia ". Al-anbiya' :51

Allah berfirman " Dan (ingatlah) Ibrahim ketika itu berkata  kepada kaumnya, " Sembahlah Allah dan bertawakal-lah kepada-Nya. yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui..". Al-Ankabuut

Orang pertama yang di ajakoleh nabi Ibrahim untuk beriman kepada Allah adalah Ayahnya sendiri, karena ayahnya termasuk salah satu penyembah berhala. sebagimana dalam surah Maryam ayat 41-48.

Akan tetapi ayah nabi Ibrahim menolak untuk ber iman kepada Allah sampai akhir hayatnya.

Imam Bukhari meriwayatkan, dari Ismail bin Abdillah, dari saudaranya, Abdul Hamid, Dari Ibnu abi Dzi'b, dari said al-Maqburi dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad, beliau bersabda " Pada hari kiamat nanti nabi Ibrahim akan bertemu dengan ayahnya yang wajahnya dipenuhi dengan debu dan kehitaman, lalu Ibrahim berkata, " Bukankah telah aku katakan kepadamu janganlah engkau menolak nasehatku ". Ayahnya menjawab " Hari ini aku akan menuruti nasehatmu itu ". lalu Ibrahim memohon kepadaAllah. " Ya Tuhanku, Engkau telah berjanji kepadaku tidak akan mempermalukanku padahari ini (pembangkitan), lalu apakah ada yang lebih hina jika ayahku terpisah dariku?". Allah menjawab, " Sesungguhnya Aku telah mengharamkan surga untuk dimasuki oleh orang-orang kafir." Kemudian dikatakan kepada Ibrahim. " Wahai Ibrahim, apa yang ada di bawah kakimu itu?." lalu Ibrahim melihat ke bawah kakinya dan ia melihat ada (hewan) sembelihan yang sangat kotor (bekas lumuran darah yang kering), maka diambillah kaki hewan itu dan dilemparkan ke dalam neraka (hewan itu adalah perwujudan dari ayah nabi Ibrahim yang kotor akibat kekufuranya).

TERAH ATAU AZAR

Dalam surah Al-an'am ayat 74.Allah berfirman " Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada ayahnya Azar, Pantaskah ayah menjadikan berhala-berhala itu sebagai tuhan? sesungguhnya aku melihat engkau dan kaum-mu dalam kesesatan yang nyata".

Pada ayat tersebut disebutkan bahwa nama ayah nabi Ibrahim adalah AZAR 

Sebenarnya manakah yang benar, TERAH atau AZAR?

Sebenarnya menurut para ahli nasab bahwa nama asli ayah nabi Ibrahim adalah Terah  (para ahli kitab juga menyebut demikian dengan menggunakan huruf "Khaa", TERAKH), tetapi ayah nabi Ibrahim mempunyai nama alias yang diserupakan dengan nama berhala yang disembah olehnya yaitu AZAR.

Allahu A'lam Bissawaab.

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya