Asal-Usul Perintah Membunuh Tokek

Bismillahirrahmaan Arrahiim

 


Tokek adalah sejenis binatang merayap yang hidup di rumah maupun di hutan

Binatang ini mempunyai kebiasaan sering berbunyi setiap saat dan apabila membuang kotoran maka ia akan mencari tempat yang tetap atau sama dimana setiap saat ia membuang kotoran.Banyak orang yang merasa jijik jika melihat Tokek, apalagi menyentuhnya. Hingga akhirnya di rumah-rumah kadang tokek di buru untuk dibunuh karena dianggap mengganggu.


Namun dibalik sifat-sifat tokek tersebut, ternyata pada zaman dahulu Tokek mempunyai cerita tersendiri


Imam Bukhari meriwayatkan, dari Ubaidillah bin Musa, dari Ibnu Juraij dari Abdul Hamid bin Jubair, dari Saidbin Musayib, Dari Ummu Syuraik, ia berkata bahwasanaya Rasulullah Saw.memerintahkan untuk membunuh Tokek, beliau mengatakan " Karena dahulu tokek pernah meniup-niupkan api kepada Ibrahim".


Dalam Riwayat yang lain


Imam Ahmad meriwayatkan dari Affan, dari Jarir, dari Nafi', dari Saibah maulat Fakih bin Mughirah, ia berkata. "Ketika aku bertamu ke rumah Aisyah, aku melihat ada sebuah tombak yang diletakkan di bawah,lalu aku bertanya, " Wahai Ummul Mukminin, apa yangkamu lakukan dengan tombak ini?". Ia menjawab, " Tombak ini untuk tokek-tokek yang berkeliaran, kami akan membunuh tokek-tokek itu jika melihatnya, karena Rasulullah pernah bersabda. " Ketika nabi Ibrahim di lemparkan ke dalam api semua binatang yang ada di bumi berusaha untuk memadamkan api itu, kecuali tokek,ia malah meniup-niupkanya kepada nabi Ibrahim " Maka Rasulullah memerintahkan kita untuk membunuh tikek-tokek itu "

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya