KISAH DUA KANTUNG PASIR

Bismillahi Arrahmaan Arrahiim

Abdurrazaaq meriwayatkan dari Ma'mar, dari Zaid bin Aslam ia berkata, bahwasanya ketika itu raja Namrud mengumpulkan seluruh persediaan makananya di istana. Bagi rakyatnya yang ingin mendapatkan makanan, harus datang ke istananya dan memintanya. Maka Ibrahim pun datang bersama sejumlah orang untuk mendapatkan makanan itu, nabi Ibrahim sebelum itu belum pernah bertemu raja Namrud. Baru pertama kali ini bertemu dan selanjutnya berlanjut dengan perdebatan diantara mereka. Maka ketika raja Namrud tidak dapat mengalahkan argumen dari nabi Ibrahim, raja Namrud memutuskan untuk tidak memberikan jatah makanan pada nabi Ibrahim,padahal semua yang datang mendapatkanya. nabi Ibrahim pun keluar istana tanpa membawa apapun.

Setelah hampir tiba di dekat rumahnya, nabi Ibrahim mengambil beberapa genggam pasir dan memasukkanya ke dalam kedua kantung yang di bawanya, ia berkata dalam hati, " Begitu aku tiba, aku akan menyibukkan mereka dengan sesuatu yang lain sehingga mereka lupa akan makananya."

Sesampainya ia dirumah, ia langsung meletakkan barang bawaanya dan pergi istirahat, namun karena letih berjalan jauh, nabi Ibrahim tertidur pulas. Melihat suaminya tertidur, Sarah langsung ber inisiatif memeriksa dua kantung makanan yang di bawa okeh suaminya. dan ternyata Sarah melihat kantung-kantung itu penuh dengan makanan, dan Sarah langsung memasaknya.

Ketika nabi Ibrahim terbangun dari tidurnya, ia melihat makanan yang sudah siap di makan, maka ia apun bertanya, " Darimanakah kamu mendapatkan makanan ini ?" Sarah menjawab " Dari dua kantung yang engkau bawa tadi". Maka nabi Ibrahim pun langsung mengucapkan syukur kepada Allah, karena ia yakin bahwa itu adalah rezeki yang dianugerahkan oleh Allah kepadanya

Allahu A'lam Bissawaab

Comments

Popular posts from this blog

Panjang Kapal Nabi NUH

Kisah NUH (tuhan itu bernama " WADD, SUWA' YAGUTS, YA'UQ dan NASR ")

Tinggi Nabi Adam, Jumlah Usia dan Kisah Wafatnya